Monday, 8 April 2013

SBY Pun Bahkan Tak Berani Tolak Bank Dunia

JakartaBagusCom. Keputusan Joko Widodo dan pasangannya, Basuki T Purnama menolak pinjaman lunak dari Bank Dunia karena dinilai rumit dan jelimet, terus menuai pujian dari banyak kalangan.

Dani Setiawan dari Koalisi Anti Utang (KAU), misalnya, menyebut sikap kedua pemimpin Jakarta Baru tersebut sebagai langkah tegas yang dapat meningkatkan kedaulatan dan harga diri bangsa.

Sedianya dana pinjaman Rp 1,2 triliun dari Bank Dunia untuk membiayai proyek penanganan banjir, Jakarta Emergency Dredging Initiative (JEDI) yang diprakarsai oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo dari tahun 2008. Namun akhirnya dibatalkan karena syarat peminjaman dinilai memberatkan, apalagi waktu pengembalian hanya lima tahun dengan bunga yang tinggi.

"Sikap Pemda Jakarta seperti itu bahkan tidak dimiliki Presiden," ujar Dani dalam diskusi serial Kemandirian Bangsa, "Jokowi Melawan Asing, Saatnya Menegakan Kemandirian Bangsa" di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (8/4).

Dani mengatakan, selayaknya rakyat mendukung langkah kedua pemimpin Jakarta tersebut. 

Sumber : http://www.jakartabagus.com/read/2013/04/08/105598/SBY-Pun-Bahkan-Tak-Berani-Tolak-Bank-Dunia-#.UWLCOdgN17U.twitter